Rabu, 12 Desember 2012

Menyetel Waktu Pengapian

CARA MENYETEL WAKTU PENGAPIAN PLATINA PADASEPEDA MOTOR

Updated at: 5:07 AM. Under Category: Mesin,Tips

Waktu pengapian sangat menentukan kemampuan dari sepeda motor, karena pada saat itu busi memercikkan loncatan bunga api listrik pada elektroda busi sehingga gas campuran bensin dan udara dapat terbakar.Pengapian yang terlalu cepat tidak baik, begitu pula dengan pengapian yang terlalu lambat juga tidak baik. Untuk tiu maka penyetelan pengapian yang tepat sangat diperlukan untuk mendapatkan performa mesin sepeda motor yang baik. Adapun penyetelannya dengan menggeser piringan platina ke kiri atau ke kanan. Dalam penyetelan ini kita juga membutuhkan beberapa alat yaitu timing light dan tachometer. 


Besar kecilnya celah platina juga mempengaruhi waktu pengapian, maka dari itu kita melakukan penytelan waktu pengapian setelah kita menyetel celah platina terlebih dahulu. Dalam jangka waktu tertentu , waktu pengapian dapat berubah dengan sendirinya . Hal ini disebabkan karena baut - baut pengikat piringan mengendor , sehinggap piringan bergeser atau celah platina berubah. Maka itu pengecekan dan penyetelan celah platina dan penyetelan waktu pengapian harus dilakukan secara rutin atau berkala. 


Di dalam sistem pengapian platina, kita mengenal juga adanya komponen - komponen dari sentrifugal advans. Sentrifugal advans terdiri atas dua buah bandul sentrifugal dan pegas penahan. Bandul sentrifugal ini akan mengembang pada saat putaran mesin tinggi, pergerakkan mengembang ini akan melawan gaya dari per penahan yang menahan bandul agar tidak mengembang. Semakin tinggi rpm mesin , maka semaki besar gaya sentrifugal pada bandul yang akan digunakan untuk melawan gaya dari per penahan. Gerakan mengembang bandul sentrifugal ini akan membuat rotor pada platina akan berputar, sehingga membuat waktu pembukaan platina menjadi lebih cepat. Atau bisa dikatakan waktu pengapian menjadi dimajukan. Pegas penahan yang terlalu kuat membuat bandul sentrifugal tidak bisa mengembang. Sementara pegas penahan yang terlalu lemah membuat bandul sentrifugal lebih cepat bekerja. Pegas penahan yang sudah tidak standar, harus segera diganti.


Kembali ke pokok pelajaran kita kali ini, adapun cara penyetelan waktu pengapian adalah sebagai berikut;
  1. Buka tutup platina dan tutup rotor magnet.
  2. Hubungkan kabel - kabel timing light sebagai berikut; kabel merah dipasangkan ke terminal positif baterai, kabel hitam dipasangkan ke terminal negatif baterai dan kabel hitam besar dipasangkan ke kabel busi.
  3. Hidupkan mesin sepeda motor Anda pada putaran stasioner yaitu 1200 rpm, gunakanlah tacho meter untuk mengetahui putaran mesin Anda.
  4. Tekan tombol timing light da arahkan sinar timing light pada rotor magnet. Jika tanda F pada rotor sudah tepat dengan tanda garis pada bodi sepeda motor, berarti pengapian Anda sudah tepat. Jika tanda F tidak tepat dengan tanda garis pada body sepeda motor, lakukan penyetelan dengan menggeser piringan platina ke kiri atau ke kanan.
  5. Setelah pengapian pasti sudah pas , naikkan putaran mesin Anda menjadi 4000 rpm( lihat pada tachometer Anda). Lihatlah apakah tanda II (garis dobel) segaris dengan tanda pada body sepeda motor. Jika tanda tepat, berati sentrifugal advans bekerja dengan baik. Tapi jika tanda tidak tepat, berarti sentrifugal advans sudah rusak dan harus diganti atau diperbaiki.
Sekian cara penyetelan waktu pengapian sepeda motor yang masih menggunakan platina. Semoga menambah pengetahuan Anda tentang otomotif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar